Umpan Mancing Ikan Wader

Mancing Ikan Wader

Memancing di alam liar merupakan salah satu pilihan dari sekian banyak orang, alasannya sih biaya yang murah kita juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan lain seperti udara yang masih segar, pemandangan yang masih asri dan berbagai keuntungan lain. Nah salah satu ikan liar yang paling menjadi target pemancing adalah ikan wader.

Ikan wader memiliki ukuran cukup kecil dibandingkan jenis ikan air tawar lainnya namun ikan ini lebih rakus dan cenderung hidup bergerombol jadi lebih mudah di pancing dengan berbagai umpan ikan wader, rasa ikan wader bila di masak juga sangat nikmat dan gurih serta bergizi tinggi, apabila dijual harganya pun juga cukup mahal. So, apa kalian tertarik ?

Ikan wader sering di jumpai di sungai-sungai yang tidak terlalu dalam atau di pinggiran rawa dan danau yang jernih. Umumnya ukuran ikan wader berkisar antara sebesar ibu jari hingga 4 jari. Ikan wader dirawa dan danau biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dari pada ikan wader di sungai. Ikan wader masuk dalam keluarga ikan Cyprinidae, kabarnya di seluruh dunia terdapat ratusan jenis ikan wader, dengan julukannya sendiri-sendiri, di indonesia sendiri ikan wader memiliki berbagai julukan seperti ikan cere (betawi), ikan paray/beunteur (sunda),pantao dan seluang (sumatera) , wader ijo (jawa), kepek dan masih banyak lagi julukan untuk ikan kecil ini.

Ikan wader juga memiliki daya adaptasi yang tinggi dan cepat menyesuaikan dengan berbagai jenis lingkungan, tak heran jika ikan wader dapat ditemukan di berbagai tempat seperti : sungai, danau, situ, rawa dan parit. Di alam liar ikan wader bersifat omnivora atau pemakan segala yang dia temukan, tak heran jika kamu dapat memancing ikan wader menggunakan umpan racikan atau umpan alami yang dapat kita temukan di sekitar tempat tinggal kita. Berikut ini adalah umpan ikan wader yang sering digunakan.

16 Jenis Umpan Ikan Wader

  1. Ulat seperti : ulat belimbing
    Cari beberapa buah belimbing yang telah busuk, kupaslah kulitnya dan cari ulat-ulat di dalamnya.
  2. Tahu
    Untuk menggunakan umpan tahu caranya terbilang sangat simpel, potong tahu kecil-kecil kemudian kaitkan pada kail. baiknya tahu di jemur terlebih dahulu sebelum di potong agar tidak mudah hancur saat masuk ke dalam air. Sebaiknya gunakan tahu yang masih baru terlebih lagi tahu yang baru keluar dari rumah produksi karena aroma kedelainya masih kuat.
  3. Lumut Basah
    Gunakanlah lumut dengan jenis yang halus dengan warna hijau gelap, bisa juga di tambahkan dengan vanili atau garam agar aromanya lebih keluar dan teksturnya lebih lembut.
  4. Umpan Pelet
    Umpan pelet lebih cocok di gunakan di perairan yang tenang seperti danau dan waduk, cara menggunakannya pelet di hancurkan kemudian tambahkan air hingga menjadi adonan yang kenyal agar tidak mudah hancur di dalam air. Adonan tadi di bentuk kecil-kecil di sesuaikan dengan kail serta ukuran ikan di tempat tersebut.
  5. Umpan Kroto
    Kroto juga bisa di gunakan sebagai umpan ikan wader yang ampuh karena kroto memiliki aroma khas yang dapat menarik perhatian ikan wader.
  6. Umpan Daun Ketela
    Cara memancing ikan wader sebenarnya sangat mudah, pertama kita harus menarik perhatian sekelompok ikan wader agar mendekat, caranya adalah dengan Ngeboom tempat tersebut menggunakan daun ketela yang di ikat dan di beri pemberat agar dapat tenggelam ke dalam air, bisa juga menggunakan pelet atau roti yang di kasih sedikit air. Untuk kail gunakanlah ukuran yang paling kecil mengingat ikan wader memiliki mulut yang sangat kecil, rata-rata para pemancing menggunakan ukuran 0.3 atau yang lebih kecil lagi. Sebenarnya di setiap daerah memiliki umpan mancing ikan wader yg ampuh dengan racikannya sendiri-sendiri. Nah berikut ini merupakan berbagai umpan racikan ikan wader paling ampuh dari pengalaman para pemancing mania.
  7. Umpan Mie
    Cara membuat :
    √. Siapkan wadah untuk pengadukan umpan,
    √. Seduh mie instans jangan terlalu matang,
    √. Masukan mie + t
    empe (busuk lebih ampuh) + bawang putih (1/2 potong) + daging tuna aduk-aduk sampai rata,
    √. Umpan siap dipakai.
  8. Umpan Tempe
    Cara membuat :
    √. Siapkan wadah untuk pengadukan umpan,
    √. Masukan t
    empe (busuk lebih ampuh) + roti + bawang putih (1/2 potong) + terasi udang aduk-aduk sampai rata,
    √. Umpan siap dipakai.
  9. Kue Klik Crackers
    Cara membuat :
    √. Siapkan wadah untuk pengadukan umpan,
    √. Masukan kue klik crackers + air di remas-remas hingga terbentuk adonan yang kenyal,
    √. Tambahkan essen supaya aroma umpannya lebih kuat.
  10. Umpan Pelet
    Bahan :

Cara membuat :

√. Siapkan wadah untuk pengadukan umpan,
√. Masukan pelet + pelet bom + 1 sendok makan kecap ikan aduk sampai rata,
√. Tambahkan air secukupnya aduk lagi sampai rata kemudian tutup rapat dan biarkan selama kurang lebih 30 menit,
√. Apabila adonan umpan terlalu lembek bisa tambahkan pelet bom agar kenyal,
√. Kemudian tambahkan terasi udangnya, aduk lagi sampai kalis,
√. Terkahir tambahkan essen 2-3 tts.
√. Umpan siap di gunakan.

Itulah tips membuat umpan mancing ikan wader yang kami dapatkan dari para pemancing mania, jika kamu memiliki racikan umpan ikan wader lainnya, bisa anda tuliskan di komentar ini.

AQUATIC ESSENCE

AQUATIC Fishing ART produsen dari produk AQUATIC ESSENCE, JAYA ESSENCE, BARRACUDA ESSENCE, TSM Product & Katilayu. Jaminan original produk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *